Tuesday, June 11, 2019 | By: Fajar Aji Kurniawan

#10 Peluang Usaha Anak Kos


Peluang Usaha Anak Kos

Hasil gambar untuk peluang bisnis anak kos

Bagi anak kos yang tinggal jauh dari orangtua, tentu tidak mudah untuk mengelola uang bulanan yang diberikan. Kadang-kadang, uang saku bulanan habis sebelum waktunya. Jadi, harus putar otak untuk mendapatkan uang tambahan, deh.

Inspirator pernah mengalaminya?

Untuk menyiasatinya, sebagai anak kos yang mencoba hidup mandiri, kamu perlu mencari peluang usaha sampingan yang bisa memberikan penghasilan tambahan. Tenang saja, peluang usaha di bawah ini cocok kok, dijalani anak kos karena modalnya minim.

1. Berjualan makanan
Kamu bisa bikin paket nasi uduk atau rames dengan harga terjangkau ke teman-teman kos-an. Nasi dan lauknya bisa kamu pesan di warteg langganan.

2. Pulsa dan paket data yang sudah jadi kebutuhan pokok
Selain jualan pulsa, kamu juga bisa jualan paket data atau kuota Internet. Untuk paket kuota yang dijual, kamu bisa dapat untung mulai 3.000-10.000 rupiah lho, per transaksi.

3. Jadi freelancer
Kamu punya keahlian mendesain atau menulis? Yuk, manfaatkan keahlianmu supaya menjadi sesuatu yang menghasilkan. Kamu bisa menawarkan jasamu atau mencari peluang freelance di Internet.

4. Menjual buku kuliah
Kamu yang hobi baca pasti tahu buku apa saja yang bagus dan menarik. Ketertarikanmu ini bisa dimanfaatkan untuk berjualan buku bacaan atau pun buku kuliah. Kalau ada teman yang butuh buku referensi kuliah misalnya, kamu bisa bantu mencarikannya ke toko buku atau kios buku bekas dan ambil keuntungannya. Ada lho, anak kos yang omsetnya jutaan hanya dari berjualan buku. Contohnya Amin Sahri.

5. Bikin Event Organizer
Kamu yang pintar membuat konsep acara, memanajemen waktu, keuangan, dan konflik bisa mencoba peluang usaha satu ini. Kamu bisa membentuk tim bersama teman-teman. Mulailah dari event kecil seperti acara di kampus atau sekolah. Selain melatih kamu untuk belajar bertanggung jawab, kalau EO-mu sukses, orang-orang tidak akan ragu untuk memakai jasamu lagi.

6. Jadi pengajar part time
Coba perhatikan lingkungan tempat tinggalmu. Adakah tempat bimbingan belajar atau kursus? Kalau ya, cobalah melamar menjadi pengajar part time. Kamu juga bisa bergabung di komunitas mengajar online yang ada di Internet. Kalau jaringanmu luas, bukan tidak mungkin kamu bisa dipanggil untuk mengajar di suatu tempat dengan upah tertentu.

0 comments:

Post a Comment