Tuesday, June 11, 2019 | By: Fajar Aji Kurniawan

#13 Pentingnya Menghargai Pendapat Orang Lain


Pentingnya Menghargai Pendapat Orang Lain

Hasil gambar untuk artikel menghargai pendapat

Menghargai pendapat orang lain itu sangat penting loh, tahu kenapa? Ya karena kalau kita menghargai pendapat orang lain, akan memberikan manfaat buat kita. Ini ada beberapa manfaat menghargai pendapat orang lain :

1. Memperoleh wawasan baru
Benarkah menghargai pendapat orang lain dapat memperoleh wawasan baru? Tentu saja, karena kita mendengarkan penjelasan atau saran yang diberikan orang lain. Dengan mendengarkan penjelasan orang lain akan mengembangkan pola pikir kita menjadi lebih berkembang.

Asumsi-asumsi yang mereka berikan tentunya memiliki alasan. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh langsung menolak pendapat yang dilontarkan orang lain. Dengarkanlah penjelasannya. Dari penjelasan tersebut akan memberikanmu wawasan baru.

2. Mempertahankan silaturahmi
Dalam jalannya sebuah diskusi atau perundingan, pasti adakalanya pendapat yang berbeda menyulutkan amarah. Amarah tersebut janganlah dituruti, jika amarah tersebut dituruti akan menimbulkan perselisihan dan dendam. Itu sangatlah merugikan. Perbedaan yang ada harus disikapi dengan hal yang wajar.

Oleh karena itu, sangat diperlukan sikap menghargai terhadap pendapat orang lain. Jika kita  menghargai pendapat orang lainn akan mempertahankan dan memperkuat silaturahmi.

3. Mencapai tujuan bersama
Dengan adanya sikap menghargai pendapat orang lain akan menghindarkan dari yang namanya perselisihan. Semua orang tidak akan memaksakan pendapatnya untuk diterima.

Perbedaan pendapat dari semua orang di dengarkan dan diterima satu persatu sehingga dapat mencapai tujuan bersama.

0 comments:

Post a Comment